16 March 2016

Air Terjun Sekumpul


Terletak di Desa Sekumpul kecamatan Sawan kabupaten Buleleng, Air terjun Sekumpul memiliki keunikan yang tidak dimiliki kebanyakan air terjun. Air terjun ini memiliki kembaran, ada tiga air terjun yang mengaliri sungai. Dari kanan, itulah air terjun Sekumpul yang paling tinggi, berurutan ke kiri, sehingga membentuk seperti anak tangga. Air terjun kedua dan ketiga ditutupi oleh semak belukar, sehingga yang nampak hanya hilirnya. Dengan kondisinya yang masih alami, air terjun Sekumpul memberikan sensasi refreshing yang menyentuh.


Bagi kamu yang ingin bisa mencapai air terjun ini saat di Bali, arahkan kendaraan kamu dari Denpasar menuju Bedugul kira kira jaraknya sekitar 70 km. Tidak ada rambu-rambu khusus yang akan memberikan pentunjuk air terjun Sekumpul kecuali bila  kamu sudah mengetahui arah menuju air terjun Gitgit. Kamu bisa memanfaatkan rambu-rambut menuju air terjun Gitgit. Air terjun Sekumpul lokasinya tak jauh dari air terjun tersebut. Anda juga bisa bertanya pada warga.
'

Sebelum bisa menikmati air terjun dari dekat, kamu akan diajak untuk menempuh perjalanan dengan berjalan kaki dari pintu masuk. Dengan melewati beberapa puluh anak tangga yang terbuat dari beton dan pegangan dari besi membuat kamu merasa aman untuk menuruni perbukitan. Saat menuruni anak tangga akan terdengar suara air terjun yang gemuruh menghantam air kolam yang berada dibawahnya. Setelah menuruni anak tangga ada sebuah jembatan dengan air sungai yang jernih dibawahnya tampak segar apabila berendam disana. Soft tracking sebentar setelah melewati jembatan melewati sebuah hutan kecil dan barulah sampai ke Air Terjun Sekumpul yang cukup deras dan membasahi walaupun kita belum mendekat.

Bangunan-bangunan tangga yang terbuat dari beton dan bangunan gazebo untuk tempat beristirahat sudah tersedia. Tetapi untuk masalah kamar mandi belum tersedia di tempat ini. Untuk masalah penginapan bisa didapatkan di daerah Bedegul atau daerah Pantai Lovina yang terdekat dengan tempat ini.

Semoga kalian enjoy menikmati jalan-jalan di air terjun sekumpul ini, cek juga artikel 10 alasan kamu harus berkunjung ke NTT


Related Articles